FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 62 KOTA BIMA TAHUN 2022
Keywords:
Prestasi Belajar;, Stunting;, Kegiatan EkstrakulikulerAbstract
Masalah gizi pada usia sekolah dapat menyebabkan rendahnya kualitas
tingkat pendidikan, tingginya angka absensi dan tingginya angka putus
sekolah. Hasil studi pendahuluan peneliti didapatkan anak yang berprestasi cenderung mempunyai tinggi badan yang ideal dan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar Di SD Negeri 62 Kota Bima. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif mengarah pada studi korelasional. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Negeri 62 Kota bima. Jumlah sampel penelitian seluruh siswa siswi kelas 2 di SD Negeri 62 Kota Bima, yang berjumlah 32 orang. Analisis dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan bivariat. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Pada Uji korelasi spearman yang ditujukan untuk mengetahui hubungan antara dua atau lebih variabel berskala ordinal. Berdasarkan hasil statistik didapat (P -Value 0,04) atau < 0,05 artinya, terdapat hubungan signifikan antara stunting dengan prestasi belajar anak di SDN 62 Kota Bima NTB Tahun 2022. Hasil penelitian terdapat hubungan signifikan antara stunting dengan prestasi belajardan tidak terdapat hubungan signifikan antara keaktifan kegiatan ekstrakurikuler dengan prestasi belajar di SDN 62 Kota Bima NTB Tahun 2022
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irma Sulistiani, Rostinah (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.