FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 62 KOTA BIMA TAHUN 2022

Authors

  • Irma Sulistiani Akademi Kebidanan Harapan Bunda Bima Author
  • Rostinah Akademi Kebidanan Harapan Bunda Bima Author

Keywords:

Prestasi Belajar;, Stunting;, Kegiatan Ekstrakulikuler

Abstract

Masalah gizi pada usia sekolah dapat menyebabkan rendahnya kualitas 
tingkat pendidikan, tingginya angka absensi dan tingginya angka putus 
sekolah. Hasil studi pendahuluan peneliti didapatkan anak yang berprestasi cenderung mempunyai tinggi badan yang ideal dan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar Di SD Negeri 62 Kota Bima. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif mengarah pada studi korelasional. populasi  penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Negeri 62 Kota bima. Jumlah sampel penelitian seluruh siswa siswi kelas 2 di SD Negeri 62 Kota Bima, yang berjumlah 32 orang. Analisis dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan bivariat. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Pada Uji korelasi spearman yang ditujukan untuk mengetahui hubungan antara dua atau lebih variabel berskala ordinal. Berdasarkan hasil statistik didapat (P -Value 0,04) atau < 0,05 artinya, terdapat hubungan signifikan antara stunting dengan prestasi belajar anak di SDN 62 Kota Bima NTB  Tahun 2022. Hasil penelitian terdapat hubungan signifikan antara stunting dengan prestasi belajardan tidak terdapat hubungan signifikan antara keaktifan kegiatan ekstrakurikuler dengan prestasi belajar di SDN 62 Kota Bima NTB Tahun 2022

Downloads

Published

2024-06-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 62 KOTA BIMA TAHUN 2022. (2024). JKM-Bid: JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT KEBIDANAN (The Journal of Public Health Midwifery), 10(2), 35-44. https://jurnal.harbundbima.ac.id/index.php/jkm-bid/article/view/10